Tutorial rumus dan aplikasi microsoft office excel

Rumus Terbaru Menghitung Diskon Penjualan dengan Excel Terbaru

Cara sederhana menghitung diskon dengan menggunakan rumus if (suatu kondisi) pada penjualan buku Ms. Excel dengan mengidentifikasi suatu kategori untuk menentukan nilai diskon harga buku.

Diskon penjualan sering sekali kita dengar terutama di swalayan yang merupakan salah satu trik untuk menarik konsumen agar datang dan membeli barang dagangan tersebut. Memberikan harga diskon pada suatu barang yang dijual tentu harus mempertimbangkan beberapa hal sehingga tidak merugikan persusahaan dagang tersebut.

Cara Menghitung Diskon Penjualan dengan Excel Terbaru

Bagaimana cara sederhana menentukan harga diskon pada Ms. Excel?

Penentuan besarnya diskon secara umum yang sering kita lihat pada swalayan-swalayan berkisar antara 10-75%. Nah besarnya persentase tentunya harus kita perhatikan, lantas bagaimana cara menentukan diskon untuk menentukan harga jual suatu barang dagangan tersebut?

Berikut ini akan saya buat artikel sederhana bagaimana nenetukan harga jual setelah mendapatkan potongan diskon pada sebuah perusahaan penjualan buku Ms. Excel.


Dari tabel laporan harga jual buku Excel terlihat yang terdiri dari 7 kolom dan 6 baris. Sekarang Anda perhatikan pada kolom Harga Normal dan harga jual setelah mendapatkan diskon. Disana terlihat beberapa perbedaan harga karena telah mengalami potongan harga atau diskon.

Bagaimana untuk mengisi kolom Diskon, Harga Diskon, Harga Jual dengan Eumus Excel?

Berikut langkah-langkah membuat rumus untuk mengisi secara otomatis ketiga kolom tersebut dengan ketentuan tabel bantu yang tertulis dibawahnya.
  1. Untuk mengisi pada kolom diskon silakan ketikan rumus =IF(C6="a";0,25;IF(C6="b";0,5;0,75))
  2. Jika sudah selesai menuliskan rumus silakan tekan enter dan copykan rumus sampai dengan ke bawah. Langkah berikutnya adalah menentukan harga diskon yaitu dengan rumus =D6*E6 dan jika selesai silakan copykan
  3. Langkah terakhir adalah menentukan harga jual setelah mendapatkan harga diskon, rumus yang dituliskan adalah harga normal dikurangi harga diskon maka formula yang dituliskan adalah =D6-F6
Link: Rumus Terbaru Menghitung Diskon Penjualan dengan Excel Terbaru

Keterangan dari penulisan rumus =IF(C6="a";0,25;IF(C6="b";0,5;0,75))

Jika C6 ( kategori) = A maka diskon sebesar 0.25, jika kategori = B maka diskon 0.5 yang lainnya selain dua konsisi tersebut (selain A dan B) maka diskon 0.75).

Rumus Terbaru Menghitung Diskon Penjualan dengan Excel Terbaru

Bila anda belum paham mengenai Cara bagaimana Rumus Terbaru Menghitung Diskon Penjualan dengan Excel Terbaru maka silahkan kunjungi video berikut:




Demikian cara menentukan diskon penjualan buku dengan menggunakan rumus IF pada Ms. Excel. Silakan lihat pula beberapa contoh penulisan rumus IF Tunggal, IF bertingkat, dan penggabungan IF dengan AND, OR.
,
Tag : Rumus Excel
Back To Top