Tutorial rumus dan aplikasi microsoft office excel

( NEW ) Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Excel Mudah Pemula ( Aplikasi ) Terbaru


Berat badan ideal adalah dambaan setiap orang terutama kaum hawa, karena selain alasan kesehatan, juga karena berat badan yang ideal dengan tinggi badan dianggap akan memberikan penampilan diri yang eksotik dan artistik untuk menarik kaum pria, sampai sampai ada yang rela mengeluarkan uang cukup banyak untuk mendapatkan berat badan yang ideal, tapi yang paling sering dilakukan orang adalah diet, kerena dianggap murah dan tidak menimbulkan efek samping.....
Tapi, diet yang berlebihan dapat mengakibatkan datangnya penyakit yang tidak diharapkan. Untuk itu Anda harus mengetahui berapa berat badan ideal Anda seharusnya?


Rumus Menghitung Berat Badan Ideal Excel

Menghitung Berat badan ( tubuh ) ideal bila menggunakan cara manual hasilnya kurang akurat dan suka salah hitung, apalagi bila untuk menghiyung banyak orang atau anak maka hasilnya kurang memuaskan dan makan waktu sangat lama, namun bila anda menggunakan fasilitas excel maka kerja anda akan cepat akurat dan labih sempurna hasilnya bila dibandingkan cara manual

Salah satu cara agar program excel lebih baik lagi, maka anda bisa membuat aplikasi atau software sendiri pada excel agar dapat digunakan berulangkali dan dapat digunakan oleh siapa saja dengan mudah, dan anda harus mengetahui rumus excel untuk hitung berat badan ideal yang tepat

Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang rumus bagaimana mengetahui berat badan ideal yang seharusnya. Ada 3 hal yang bisa kita hitung berapa berat badan ideal yang dimiliki seseorang
  1. Untuk bayi berumur 0 s.d. 1 tahun
  2. Anak-anak berumur 1 s.d. 10 tahun
  3. dewasa berumur lebih dari 10 tahun

Berat badan ideal untuk bayi berumur 0 s.d. 1 tahun dapat menggunakan rumus 


BBI = (umur (bln) / 2 ) + 4

Berat badan ideal untuk anak-anak  berumur 1 s.d. 10 tahun dapat dihitung dengan menggunakan rumus

BBI = (umur (thn) x 2 ) + 8

Berat badan ideal untuk orang dewasa lebih dari 10 tahun bisa menggunakan perhitungan

BBI = (TB - 100) x 90%

Bagaimana cara membuat rumus untuk menghitung berat badan ideal tersebut?
Langkah-langkah membuat rumus menghitung berat badan ideal dengan menggunakan Ms. Excel

1. Membuat Work Sheet

Tutorial Pertama anda harus Buat 3 buah sheet masing-masing diberi nama yang berbeda seperti gambar berikut


2. Beri nama Worksheet Ke 1

Pada sheet pertama silakan ganti nama sheet dengan "0-1th" dan tulis format seperti gambar dibawah ini kemudian tulislah rumus excel di cell C6 dengan formula =IF(C5="";"";(C5/2)+4)

3. Beri nama work sheet ke 2

Lalu Pada sheet kedua ganti nama sheet dengan nama "0-10th" dan tulislah data kira-kira seperti gambar berikut kemudian tulis pula rumus di cell C6 dengan formula =IF(C5="";"";(C5*2)+8)

4. Beri nama Sheet ke 3

tahap selanjutnya Pada sheet sheet ketiga ganti nama sheet dengan "dewasa" kemudian format tulisan kira-kira seperti gambar berikut dibawah jika bebeda juga silakan saja kemudian tulis pula rumus dengan bentuk penulisan =IF(C5="";"";(C5-100)*90%)

5. Finishing

Tahapan akhir adalah Silakan coba isikan data data masing-masing sesuai dengan kondisi umur Anda atau umur anak dan bayi anda, maka  berat badan ideal akan secara otomatis terlihat.

Anda harus ingat, untuk memudahkan anda menghitung atau Anda tidak ingin ruwet membuat rumus di excel saya akan coba membuat sebuah aplikasi untuk menghitung berat badan ideal versi excel sehingga aplikasi ini anda tidak usah repot membuatkan rumus. cukup masukan saja umur dan kategori Anda sehingga berat badan ideal dapat terlihat dengan hanya memasukan data umur.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Excel Mudah Pemula

Bila masih kebingungan maka silahkan tonton video berikut ini:




Link: Aplikasi Menghitung Berat Badan Ideal Terbaru

Untuk bisa membuat aplikasi penghitung berat badan ideal ini cukup Anda ikuti langkah-langkah diatas, namun agar sedikit kelihatan lebih keren silakan buat menu atau desain sesuai dengan kreasimu. Bagaimana bentuk dari aplikasi penghitung berat badan ideal tersebut? Insya Allah pada posting berikutnya akan saya upload dan Anda bisa download secara gratis tanpa bayar.

Jika ada pertanyaan mengenai bagaimana menghitung berat badan ideal menggunakan rumus excel silakan kasih komentarnya dibawah.
,
Back To Top