Tutorial rumus dan aplikasi microsoft office excel

Penggunaan Rumus AND, OR, NOT pada Excel Terbaru

RUMUS EXCEL LENGKAP - Halo sobat sekalian, bertemu lagi dengan kita yang selalu memberikan info menarik mengenai excel dan pada kesempatan ini akann kita berikan tutorial lengkap tentang Penggunaan Rumus AND, OR, NOT pada Excel terbaru

Sebenarnya artikel ini dibuat untuk pembelajaran kami pribadi, tapi berhubung banyak yang bertanya tentang bagaimana cara Penggunaan Rumus AND, OR, NOT pada Excel versi 2007 , 2010 , 2013 , 2018 ini, maka dengan senang hati akan kita sebarkan untuk umum

Dan kami yakin anda yang berada disini pastilah tidak karena sekedar iseng atau kesasar di sini, malainkan ingin mengetahui dengan pasti mengenai gimana cara Penggunaan Rumus AND, OR, NOT pada Excel Terbaru yang benar, maka simak baik-baik ulasan berikut ini dengan tenang dan serius


Rumus Excel AND, OR, NOT digunakan untuk mencari kondisi dengan hasil BENAR / SALAH. Rumus excel ini bisa juga digabungkan dengan rumus-rumus excel yang lain misalnya IF, penggabungan rumus AND dengan if bentuk formulanya adalah =IF(AND)


Baiklah agar lebih jelasnya silakan baca artikel di bawah ini

FUNGSI FORMULA AND


1. Yang pertama Rumus Fungsi AND digunakan untuk membandingkan dua atau lebih pernyataan, nilai TRUE akan diberikan jika kondisi semua pernyataan bernililai TRUE. Pasti anda akan langsung memahaminya, namun bila belum paham bisa melihat contoh langsung di baeah ini

= AND(logical1,logical2, ...)

Yang perlu diingat bahea Logical yang ingin dibandingkan bisa sampai 255.

Contoh
  • =AND(TRUE, TRUE) memiliki arti semua pernyataan benar malka nilainya TRUE
  • =AND(TRUE, FALSE) memiliki arti satu pernyataan salah maka nilainya FALSE
  • =AND(2+2=4, 2+3=5) jika pernyataan rumus diatas semua pernyataan benar maka nilainya TRUE
PENGGUNAAN FUNGSI FORMULA OR Yaitu sebagai berikut:

2. Yang kedia penggunaan Rumus Fungsi OR akan digunakan untuk membandingkan dua atau lebih pernyataan, nilai TRUE akan diberikan jika salah satu pernyataan bernilai benar. Bentuk penulisan dari rumus tersebut adalah
= OR(logical1,logical2,...)

Logical yang ingin dibandingkan bisa mencapai 255.

Bila belum nemahaminya bisa melihat Contoh pengunaan rumus OR pada excel berikut ini:
  • =OR(TRUE) artinya satu pernyataan benar maka nilainya TRUE
  • =OR(3+3=3,4+4=7) artinya kedua pernyataan salah maka nilainya FALSE
  • =OR(TRUE,FALSE,TRUE) artinya salah satu pernyataan benar maka nilainya TRUE
FUNGSI FORMULA NOT

3. Dan yang terakhir adalah Rumus Fungsi NOT digunakan untuk memberikan nilai TRUE jika pernyataan yang ditulis bernilai FALSE (salah) atau sebaliknya.

=NOT(logical)

Contoh penulisan rumus NOT:
=NOT(FALSE) karena pernyatan bernilai salah maka nilainya menjadi TRUE
=NOT(1+1=2) karena pernyataan bernilai benar maka nilainya menjadi FALSE


Mungkin demikianlah info mengenai Penggunaan Rumus AND, OR, NOT pada Excel 2007 maupun yang terbaru 2010 atau bahkan versi terbaru 2018
,
Tag : Rumus Excel
Back To Top